Warga Miskin Penerima Dana PSKS Keluhkan Pemotongan Rp 100.000

by -84 views

Jatinangorku.com – Sejumlah warga mengeluhkan pembagian dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) yang tidak merata dan tepat sasaran. Pasalnya, masih banyak warga yang ekonominya berkecukupan mendapat dana PSKS.

“Ya aneh saja, banyak orang berkecukupan dan kaya yang masih dapat dana PSKS, sedangkan yang seperti saya (miskin) juga banyak yang tidak dapat,” ujar NG 

Menurut NG, di desa tempat ia tinggal, yakni Desa Cilayung, Pemerintah Desa masih memotong dana PSKS sebesar Rp100 ribu kepada setiap penerima dana. Pemotongan itu, kata dia, untuk pemerataan dan berikan kepada warga yang belum terdaftar dan mendapatkan dana PSKS.

“Sudah mah kita dapat dananya juga menipis, masih juga dipotong, harusnya kan warga yang mampu jangan dikasih,” ujarnya.

Kepala Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Bandung, Uyun, mengatakan, pemotongan dana PSKS itu hanya kebijakan dari tingkat RT dan RW saja.

“Untuk potongan yang Rp 100 ribu, itu kebijakan RT RW setempat, kalau pun benar mungkin itu untuk kepentingan warga lagi,” ujarnya.

Menurut Uyun, ia membenarkan mengenai dana PSKS yang tidak tepat sasaran karena pendataan warganya masih menggunakan database lama. Maka, beberapa warga yang memang membutuhkan tidak mendapat bagian.

“Kita lagi mendata ulang untuk pencairan dana 2016 mendatang, jadi skrg memang masih menggunakan data base yang lama,” ujarnya

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/