Warga Pendatang Tak Usah Khawatir, KPU Kota Bandung Jamin Tetap Bisa Memilih Saat Pilgub Jabar

by -33 views

Kota Bandung yang merupakan magnet bagi para warga pendatang menimbulkan masalah lain untuk para pemilih saat masa pemilihan kepala daerah pada 27 Juni nanti.

Untuk itu, KPU Kota Bandung berharap para pendatang untuk segera mengurus keperluan untuk kepindahan tempat memilih dari tempat asal ke Kota Bandung. Agar bisa menggunakan hak pilihnya, minimal pemilihan Gubernur Jawa Barat.

“Contohnya ada pekerja yg tinggal 5 tahun tapi masih KTP asal belum bisa memilih wali kota Bandung, tapi gubenur bisa pindah memilih,” ujar Ketua KPU Kota Bandung, Rifki Alimubarok, di Kota Bandung, Kamis (19/4/2018).

 

Rifki menjelaskan karena Kota Bandung adalah kota yang banyak pendatang, pindah TPS dari daerah asal ke Kota Bandung adalah satu opsi yang paling mudah.

Namun ada beberapa formulir yang harus diurus dan bisa didapatkan KPU Kota Bandung atau melapor ke PPK dan PPS terdekat.

Namum, ujar Rifki, lain cerita bila memang ingin pindah domisili dari daerah asal ke Kota Bandung. Nanti tinggal laporan ke PPK dan PPS terdekar dan dimasukan ke daftar pemilih tambahan.

“Kalau yg pindah memilih kita fasilitasi, mereka harus lapor ke PPs atau PPK sebelum hari h sebelum pindah memilih,” ujar Rifki. (*)