Warga Pertanyakan Alih Fungsi Lahan di Jatinangor

by -140 views

Warga Pertanyakan Alih Fungsi Lahan di JatinangorWarga Jatinangor persoalkan  perubahan peruntukkan sejumlah bangunan, hal itu disampaikan salahsatu tokoh masyarakat Jatinangor Ismet Suparmat. “Ada beberapa bangunan yang berada di Jatinangor berubah peruntukkannya seperti, kost-kostan menjadi hotel, apartemen menjadi hotel dan yang lainnya,” tuturnya kepada eljabar.com Senin (2/9/2017).

Ia mangatakan, Seperti halnya sejumlah warga Desa Hegarmanah yang mewakili dari 7 RW, mempersoalkan bangunan apartemen Skyland City  yang berada diwilayahnya. warga menginginkan pihak apartemen memenuhi tuntutan warga sekitar. “Ada beberapa tuntutan warga yang sampai sekarang belum dipenuhi pihak apartemen, Seperti keberadaan artesis milik apartemen sesuai ketentuan undang-undang, 10 persen dari debit air yang keluar itu adalah hak bagi masyarakat sekitar namun, hingga saat ini hal itu belum terealisasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Ismet, alih fungsi dari apartemen menjadi hotel pun tidak ada sosialisasi kepada warga sekitar. “Karena itulah warga menuntut dan pertanyakan kembali ke pihak Skyland City, dan hingga saat ini pihak apartemen belum bisa merespon tuntutan dari warga sekitar,” katanya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi A Kabupaten Sumedang, Dudi Supardi menyesalkan persoalan itu. “Jika memang  terjadi alih fungsi, sebaiknya pihak apartemen tempuh aturan yang berlaku, terutama menyangkut perizinannya,” katanya.

Dikatakan Dudi, Apalagi sampai hak-hak warga setempat tidak dipenuhi, itukan persoalan serius yang mesti direalisasikan oleh pihak apartemen. “Jangan main-main dengan masyarkat lah, kalau memang sudah ada kesepakatan antara warga dan pihak apartemen, ya penuhilah, terlebih bangunan itu kan sudah berdiri lebih dari tiga tahun,” ucapnya.

Ia meminta agar pihak terkait menyikapi persolan itu. “Jangan sampai kondisi tersebut berlarut-larut,” tandasnya

Sumber : http://eljabar.com