Warga Protes, Pelebaran Jalan Tanpa Trotoar

by -35 views

Warga Protes, Pelebaran Jalan Tanpa Trotoar

Jatinangorku.com – Sejumlah warga mengaku bingung dan mempertanyakan alih fungsi trotoar dan bahu jalan yang dijadikan badan jalan di jalur nasional Jalan Raya Ir. Soekarno, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Sumedang yang sedang diperlebar 1-2 meter. 

“Sebelum ada pelebaran badan jalan, ada bagian trotoar sebagai fungsi pejalan kaki. Namun saat ini di beberapa titik, tidak ada trotoar, sehingga para pejalan kaki kebingungan,” kata Aam Permana Sutarwan (53), warga Desa Gudangsari, Kec. Tanjungsari kepada “GM” di Tanjungsari, Kamis (8/5). 

Menurut Aam, kekecewaan warga diungkapkan dengan cara meletakkan atau menyimpan karung berisi tanah di tepi jalan yang baru diperlebar.

“Warga mengharapkan ada ruang untuk pejalan kaki yang jelas. Karena sekarang, antara trotoar dan badan jalan bersatu dan tidak ada tempat untuk pejalan kaki. Di daerah kami banyak orangtua yang mengantarkan anaknya ke sekolah. Jika tidak ada trotoar, mereka harus berjalan di mana?” katanya.

Kelancaran lalu lintas untuk kepentingan umum memang perlu. Akan tetapi hendaknya pemerintah juga memperhatikan masyarakat pejalan kaki agar tidak ada pihak yang dirugikan. Jika para pengendara berhak mendapat kelancaran di jalan, maka warga pejalan kaki pun berhak mendapat kenyamanan dan keselamatan.

“Jalan tanpa trotoar bukan hanya tidak nyaman, melainkan akan membahayakan para pejalan kaki. Saya heran, apakah pemerintah tidak mengkaji ini sebelumnya,” ungkap Aam

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/