Warga Sekitar Pasar Parakanmuncan Sumedang Keluhkan Bau Tak Sedap

by

Warga Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang atau sekitar lokasi Pasar Tradisional Parakanmuncang, mengeluhkan bau tidak sedap yang berasal dari tempat pembuangan sampah (TPS) di pasar tersebut.

Di musim hujan, gundukan sampah di TPS tersebut semakin mengeluarkan bau tidak sedap, bahkan lalat yang menghinggapi sampah – sampah itu, terbawa angin hingga permukiman warga.

“Dibandingkan kemarau, musim hujan lebih parah. Rumah saya berada di 50 meter lokasi pasar, sangat terganggu,” kata Nani (47) warga Desa Sindangpakuon, Rabu (26/12/2018).

Nani mengatakan, untuk menghilangkan bau tidak sedap ini, ia terpaksa menggunakan pewangi ruangan yang dipasang dikipas angin, sehingga menyebar ke seluruh ruangan.

“Kalau begitu tidak enak makan, baunya bikin mual,” katanya.

Dari pantauan Tribun Jabar, Rabu (26/12/2018), tumpukan sampah tersebut berada di depan pintu masuk Pasar Tradisional Parakanmuncang, bahkan tumpah hingga bahu Jalan Raya Parakanmuncang.

Tidak hanya itu, tumpukan sampah tersebut dalam kondisi setelah diguyur hujan beberapa pekan terakhir ini dan mengeluarkan bau tidak sedap, sehingga warga atau pengendara terpaksa menutup hidup ketika melintas tumpukan sampah di Pasar Tradisional Cimanggung.

Dalam tumpukan sampah tersebut, sebagian besar merupakan sampah tangga berupa plastik, kertas, dan sayuran, yang dibuang oleh para pedagang dari pasar dan warga sekitar.

Wahyudi mengatakan, lokasi TPS setiap hari semakin meluas dan semakin meninggi, tak jarang menjadi salah penyebab kemacetan di ruas Jalan Raya Parakanmuncang.

“Kalau terus dibiarkan takutnya semakin meluas,” katanya.

 

 

Sumber  : http://jabar.tribunnews.com