Warga Tolak Apartemen Pinewood 2

by -29 views

Warga Tolak Apartemen Pinewood 2

Jatinangorku.com – Sejumlah warga di Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang mempertanyakan sekaligus menolak wacana pembangunan Apartemen Pinewood 2 di RW 05 Dusun Ciawi, Desa Cikeruh, Kec. Jatina-ngor. Rencana tersebut kini sudah memasuki sosialisasi kepada warga.

Menurut Ketua Perkumpulan Gerakan Djatinangor (Pagerdjati), Deden Dony kepada wartawan, Rabu (11/9), lokasi Pinewood 2 berdekatan dengan SDN Cikeruh. Sehingga jika pembangunan tetap dilaksanakan maka akan mengganggu akifitas kegiatan belajar mengajar (KBM).

Ia menambakan, Perda Kab. Sumedang menyebutkan dalam pembangunan secara teknis 60 persen berupa pembangunan fisik dan sisanya lahan hijau. “Jadi tolong perhatikan dulu dampak terhadap lingkungannya karena harus sesuai kajian teknis,” katanya.

Ketua Karang Taruna Kec. Jatinangor itu berharap agar pengembang menuntaskan hak dan kewajiban warga terlebih dulu. “Kita tak ingin apa yang terjadi saat pembangunan Pinewood 1 yang sempat memanas akibat minimnya komunikasi dengan warga terkait kompensasi dan izin, kembali terulang,” katanya.

Menurutnya, warga ingin menghambat pembagunan, apalagi jika ada maslahatnya. “Kita mendukung apa pun bentuk pembangunan ini asalkan bermanfaat bagi warga dan prosesnya terlebih sesuai aturan,” katanya.

Ketua RW O6, Rudy mengatakan, warga tidak akan mengizinkan pembangunan sebelum masalah kompensasi jelas. “Kita berharap ada kompensasi berupa fasilitas umum dan biaya utuk sehari-hari bagi warga miskin sebagai bekal sekolah dan kesehatan,” katanya.

Jika pengembang memenuhi permintaan ini, warga akan memberikan izin. “Jangan sampai kompensasi hanya direalisasikan dalam bentuk kadeudeuh yang sifatnya sementara,” katanya.

Jika pengembang tetap memaksakan diri membangun apartemen tanpa sosialisasai atau hasil kajian teknis, dikhawatirkan akan terjadi konflik. “Jika pengembang tetap memaksakan kehendak, kita khawatir muncul persoalan,” katanya.

Sementara itu, Humas Pinenwood, Irda membenarkan wacana pembagunan Pinewood 2.”Prosesnya masih dalam tahapan sosialisasi kepada warga,” ujarnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com