, , ,

Waspada, Cadas Pangeran Belum Bebas Ancaman Pohon Tumbang

by

KAWASAN Jalan Cadas Pangeran  Kab.Sumedang, belum terbebas dari ancaman pohon tumbang. Pasalnya upaya pengamanan dengan cara penebangan pohon yang menempel pada tebing jalan di kawasan tersebut dianggap belum tuntas.

“Saya melihat masih banyak pohon tinggi besar, yang tumbuh menempel pada tebing jalan, belum ditebang. Karena tumbuhnya pada tebing yang berbatuan, maka sewaktu-waktu pohon tersebut bisa tumbang. Sehingga dapat mengancam keselamatan pengguna jalan,” kata H.Dedi tokoh masyarakat, yang bermukim disekitar Kawasan Cadas Pangeran, Jumat (23/3/2018).

Menurut dia, semestinya pihak terkait apakah itu BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) maupun Perhutani yang memiliki kewenangan atas pengelolaan kawasan tersebut, agar melakukan antisipasi dan pengamanan dari ancaman pohon tumbang, secara tuntas.

Saat ini, lanjut Dedi, terdapat puluhan pohon pinus tinggi besar yang lokasinya tepat berada di atas bangunan masjid, samping kiri dari arah Bandung, menuju pintu masuk Kawasan Cadas Pangeran. Jika tidak segera dilakukan penebangan, dikhwatirkan pohon pinus itu timbung dan menimpa masjid, hingga menimbulkan  korban jiwa.

“Sekarang pilihannya, apakah mereka itu lebih memilih menghargai “nyawa” pohon atau jiwa manusia,” ujarnya.

Tentunya, lanjut Dedi, siapa pun tidak menghendaki terjadi lagi pohon tumbang, yang memakan korban. Cukuplah peristiwa pohon tumbang yang terjadi beberapa pekan lalu, untuk yang terakhir kalinya. “Sekali lagi, kami berharap antisipasi pohon tumbang harus dilakukan secara tuntas. Sehingga tidak terkesan setengah hati,” pungkasnya.

 

 

 

Sumber  : http://www.galamedianews.com