Waspada Kanker Payudara bila Keluar Cairan dari Puting

by -257 views

Waspada Kanker Payudara bila Keluar Cairan dari Puting

Jatinangorku.com – Bila anda tidak sedang dalam masa menyusui namun keluar cairan dari puting anda, maka anda perlu waspada akan kesehatan anda. Pasalnya, salah satu gejala adanya kanker payudara adalah keluarnya cairan dari puting. Meskipun dalam beberapa kasus di mayoclinic.com, hal ini termasuk dalam kategori normal.

Cairan yang keluar dari puting ini bisa dalam bermacam-macam warna. Kadang hijau, putih, bening, kehitaman atau bahkan darah. Nah, kalau sudah dalam bentuk darah yang keluar dari puting anda, anda perlu lebih berhati-hati. Periksakan diri anda ke dokter. Selain itu, tanda lain yang perlu diwaspadai adalah apabila cairan tersebut keluar dari satu titik tertentu dan secara spontan. Lebih-lebih jika cairan tersebut lebih banter keluar saat anda menggunakan bra.

Keluarnya cairan dari payudara ini bisa jadi merupakan sinyal adanya tumor payudara maupun tumor otak. Meskipun demikian, keadaan ini bisa menjadi normal saat sedang ada saluran di payudara anda yang melebar atau barangkali anda sedang menjalani pengobatan psikotropika jangka panjang.

Selain tumor, keluarnya cairan ini juga mengindikasikan adanya kista payudara dan infeksi pada wanita usia menopause. Nah, karena memiliki banyak prediksi gejala, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter dan menanyakan penyebab keluarnya cairan tersebut.

Biasanya dokter akan memeriksa dan mendiagnosa hal tersebut melalui mamografi, pemeriksaan USG, tes darah dan biopsi.

Sumber : http://www.vemale.com