Waspada Pergerakan Tanah, Sebagian Besar Terjadi di Jawa Barat

by -30 views

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi mencatat pergerakan tanah tahun 2017 sampai dengan bulan Oktober telah terjadi 845 kejadian, 154 diantaranya di Jawa Barat dan menelan korban jiwa sebanyak 41 orang di Jawa Barat.‎ Sebelumnya, dalam kurun waktu 2005 -2016 tercatat sekitar 1887 kejadian gerakan tanah yang tersebar di seluruh wilayah indonesia mengakibatkan korban jiwa mencapai 3224 orang. 

Plt Kepala Badan Geologi, Rida Mulyana, mengatakan, Jabar memiliki karakteristik tanah yang gembur. Pihaknya pun telah melakukan antisipasi dengan menyampaikan laporan bulanan tentang antisipasi pergerakan tanah di Jabar kepada seluruh stakeholder terkait.

Hal itu, kata dia merupakan upaya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam satu  tugas pokoknya memiliki tujuan mengurangi jatuhnya korban jiwa, harta benda serta dampak sosioekonomi akibat gerakan tanah. 

“Kami pun menerbitkan peta Potensi rutin tiap bulan dan disampaikan kepada Kepala BNPB, serta Gubernur seluruh indonesia, Peta ini dibuat berdasarkan prakiraan curah hujan dari BMKG dan Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah. Peta ini juga disampaikan kepada masyarakan melalui situs PVMBG sehingga lebih siap dalam menghadapi bencana gerakan tanah,”kata dia pada Sosialisasi Potensi Kebencanaan Gerakan Tanah di Indonesia, yang diselenggarakan di Auditorium Geologi, Jalan Surapati, Kota Bandung, Rabu 11 Oktober 2017.

Aplikasi informasi kebencanaan

Dia pun mengatakan, informasi peringatan dini gerakan tanah, selain dibuat dalam bentuk Peta Prakiraan Wilayah Potensi Terjadi Gerakan Tanah dan Banjir Bandang di seluruh Provinsi di indonesia yang setiap bulan disampaikan kepada para gubernur dan para pemangku kepentingan yang lain.

Sementara itu, pada kegiatan sosialisasi potensi kebencanaan gerakan tanah di Indonesia tersebut merupakan bagian dari upaya PVBMG Badan Geologi menginformasikan potensi pada para pemangku kepentingan.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas ESDM seluruh Indonesia, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh indonesia yang bertujuan menginformasikan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gerakan tanah. 

Sementara itu, untuk informasi gerakan tanah bisa diunduh di www.vsi.esdm.go.id. informasi kebencanaan geologi ini juga dapat diakses melalui Aplikasi Magma Indonesia, sebuah aplikasi mobile pertama di dunia yang menyajikan informasi resmi kebencanaan geologi terintegrasi dalam satu jendela dan dapat diakses secara real-time

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com