Waspada, Stres di Usia 20-an Tahun Makin Meningkat, Mengapa?

by -36 views

Waspada, Stres di Usia 20-an Tahun Makin Meningkat, Mengapa?

Jatinangorku.com – Dilansir dari Dailymail, di jaman modern ini semakin banyak orang yang mengalami stres di usia 20-an. Apalagi memasuki usia kerja dan menikah di atas 25 tahun, semakin banyak orang yang mengalami stres berat. Mengapa demikian?

Meski tergolong kategori usia yang produktif, namun usia ini merupakan masa di mana seseorang sudah mulai memikirkan masa depan, pekerjaan, tidak tidur 8 jam sebagaimana ketika mereka masih belia dan sebagainya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, 3 hal besar yang menjadi penyebab stres berat pada orang-orang di masa modern ini adalah kekhawatiran masalah finansial, masalah pekerjaan dan kurangnya jam tidur.

Para ahli mengatakan bahwa generasi muda masa kini mengalami tekanan yang lebih berat daripada generasi sebelumnya di usia yang sama. Hal ini juga disebabkan oleh rokok, alkohol dan permasalahan obat-obatan yang banyak dihadapi remaja jaman sekarang.

2000 orang mendapatkan polling yang menanyakan bagaimana rata-rata kebahagiaan yang dimiliki oleh semua orang. Ternyata dari hasil penelitian itu, mereka menemukan bahwa ada masa yang disebut krisis seperempat hidup, di mana banyak orang yang mulai mengikuti terapi dan mengonsumsi anti depresan pada usia ini.

Hal pertama yang menjadi masalah penyebab stres di usia muda adalah masalah keuangan. Bekerja atau tidak, banyak orang di usia ini yang merasakan pentingnya kesejahteraan finansial pribadi. Selain itu masalah kedua adalah tekanan kerja yang 20% nya disebabkan oleh pekerja dengan pimpinan yang buruk.

Masalah ketiga yang melanda kamu muda saat ini adalah kurangnya jam tidur. Pekerjaan, pergaulan, kopi dan sebagainya telah mencuri banyak jam tidur generasi muda. Masalah ketiga ini membuktikan bahwa banyak generasi muda yang membutuhkan jam tidur dan liburan untuk memperbaiki kondisi mereka.

Neil Shah, pimpinan dari The Stress Management Society mengatakan bahwa tekanan yang dialami generasi usia 20-an pada jaman sekarang sangat berbeda dengan apa yang dialami oleh pendahulu mereka selama 20-30 tahun terakhir.

Selain masalah keuangan, pekerjaan dan kurang tidur, masalah yang sering mengganggu di antaranya adalah percintaan dan body image. Stres ini mungkin tak bisa dihindari, namun masih bisa diimbangi dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang menyenangkan.

Misalnya dengan menyempatkan melakukan hobi, melakukan obrolan berkualitas dengan teman atau keluarga, maupun menyempatkan untuk liburan. Selain itu, jangan potong jam tidur Anda. Semoga bermanfaat

Sumber : http://www.vemale.com