Waspadai Email Phising iPhone 5S

by -10 views

Waspadai Email Phising iPhone 5S

Jatinangorku.com – Perusahaan antivirus Trend Micro menyatakan Malaysia dan Singapura menjadi negara paling sering tertipu email pishing mengenai Iphone 5S. Dalam laporan terbarunya, Trend Micro mengatakan email pishing tersebut memanfaatkan rasa penasaran para penggila Iphone akan versi terbaru itu.

Para pelaku kejahatan siber pun memanfaatkannya melalui penyebaran spam di email yang menjanjikan akan memberi Iphone 5S secara gratis dengan cara mengikuti kontes dari Apple Store. Rupanya, menurut peneliti anti-spam Trend Micro Merianne Pollintan, rayuan tersebut sangat ampuh di Asia Tenggara dan terbukti Malaysia dan Singapura menjadi korban utama.

“Kami menemukan contoh pesan spam yang berupaya untuk menipu notifikasi email Apple Store. Pesan spam itu menginformasikan penerima pesan bahwa mereka telah memenangkan iPhone 5S dan iPad,” ungkap Pollintan.

Untuk mendapatkan hadiah itu, penerima email spam diminta untuk menuju suatu website dan diminta memberi tahu alamat email mereka beserta password. Hal ini jelas mengakibatkan kredensial penerima email spam berada di tangan sang pelaku kejahatan siber. Menurut Pollintan, konten pesan dan alamat email pengirimnya jelas palsu.

“Namun, kombinasi antara pemilihan waktu yang tepat ditambah pengait rekayasa sosial berkemungkinan besar menyebabkan penerima email spam jatuh dalam perangkap sang pengirim spam,” imbuhnya. Selain Malaysia dan Singapura, negara yang turut menjadi korban terkait ancaman ini ialah Jerman, Jepang, dan Taiwan. Pollintan mengatakan bahwa layanan Trend Micro memblok pesan spam ini dan akses ke situs phising tersebut.

Sumber : http://www.metrotvnews.com