Waspadai Jalan Amblas di Wilayah Selatan Sumedang

by -69 views

Waspadai Jalan Amblas di Wilayah Selatan Sumedang

Jatinangorku.com – Jalur mudik di bagian barat Sumedang rawan longsor. Sementara, jalur mudik di bagian selatan yang akan menuju ke daerah Garut, Tasik, Ciamis yaitu jalur Situraja-Darmaraja-Wado disebutkan rawan jalam amblas.

Hal ini disebabkan drainase air yang tidak benar sehingga menyebabkan jalan bergeser, retak, dan amblas.

“Selain rawan longsor, potensi bencana lainnya adalah jalam amblas atau adanya pergerakan tanah di bagian selatan Sumedang yaitu jalur Situraja-Darmaraja-Wado yang akan menuju ke Garut, Tasik, dan Ciamis,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana dari BKBPMPB, Apep Koharudin, Kamis (24/7/2014).

Menurut Apep, air yang meluap dari selokan atau air yang merembes dari selokan menyebabkan permukaan jalan menjadi bidang lincir. Jalanan akan menjadi licin. Kondisi ini disebutkan Apep, jika jalan tersebut belum amblas.

“Jadi sebelum amblas, jalan aspal itu akan licin meski permukaan aspalnya tidak mulus tapi karena ada air rembesan dari selokan atau gorong-gorong maka akan menimbulkan bidang lincir,” jelas Apep.

Seharusnya, selokan dibuat kedap air sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan pada badan jalan. Di Sumedang, sebagian besar drainase tidak dibuat dengan baik. Selokan tidak dibuat kedap air sehingga sangat cepat merusak badan jalan.

Jalan amblas di wilayah selatan ini pernah terjadi beberapa waktu lalu, yaitu Tanjakan Eba dan di Cinangsi Desa Cisitu. Jalan rawan juga terjadi di jembatan Cae di Wado

Sumber : http://www.inilahkoran.com/