Wisata Lintas 17 Curug

by -158 views

Wisata Lintas 17 Curug

Wisata Lintas 17 Curug

Jatinangorku.com – DESA Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan ini ternyata tak hanya mempunyai Curug Cigorobog. Masih ada 17 curug lainnya yang sama-sama mempunyai keindahan yang berbeda.

Sebut saja Curug Kancana yang terletak tepatnya di Blok Dewa RW 03 Dusun Cijolang. Curug ini di bagian kanan kirinya tebing yang sangat cocok untuk olahraga pemanjatan tebing.

Curug lainnya adalah Curug Ciparahu, Curug Cimencek Bikang, dan Curug Karaha Bodas dan curug lainnya yang masih belum ditemukan namanya namun ada aliran air di lokasi tersebut.

Semua curug ini berada dalam satu aliran air. Di paling hulu semua curug ini adalah Curug Cinulang yang ada di Cimanggung yaitu kecamatan yang berbatasan dengan Garut di bagian timur.

Dari semua keberadaan curug-curug ini, Kepala Desa Citengah Ludi Zaenal menginginkan ada sebuah wisata lintas curug yang khusus menyusuri semua curug dari bagian hulu hingga hilir. Semua curug ini berada merata di hampir semua wilayah desa.

“Saya menginginkan ada wisata lintas curug atau semacam susur curug yang bila kita mendatangi semua curug ini sama saja dengan menyusuri seluruh kawasan Desa Citengah, jadi seperti kita melalui jalan air saja tapi seluruh kawasan desa terlewati,” kata Ludi.

Namun, Ludi mengakui, untuk mewujudkan rencana tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang handal serta didukung dengan permodalan atau investor yang tepat. “Kalau wisata itu ada memang tidak cukup hanya diwujudkan atau dikelola oleh Kompepar, perlu SDM lain yang handal dan investor yang tepat,” ujar Ludi.

Jika dilihat dari bentang alamnya, seluruh curug tersebut bisa dibuatkan akses agar pengunjung bisa mudah menyusurinya.

Akses yang dimaksud hanya semacam jalan setapak yang aman dan nyaman untuk dilalui penyusur, bukan sebuah jalan beraspal yang justru akan membuat wisata alam ini tidak natural lagi. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/