Wisata Ramah Kantong Bagi Mahasiswa di Jatinangor

by -203 views
 
 
Jatinangor dikenal sebagai kawasan yang didominasi oleh mahasiswa. Di kecamatan yang terletak di Sumedang, Jawa Barat, terdapat 4 perguruan tinggi, yakni Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Koperasi Indonesia, dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN), dan ITB Kampus Jatinangor.
Maka tak heran jika pada masa libur kuliah, Jatinangor terlihat lebih lengang. Sebab, kebanyakan mahasiswa sedang pulang kampung. Muhammad Sidiq Permadi, alumni Unpad, membagi kenangannya saat kuliah di Jatinangor.
“Meski baru dua tahun aku meninggalkan Jatinangor, tapi jiwaku seakan masih berada di sana,” tulisnya di kumparan.
Karena rindu pada momen-momen saat kuliah, Sidiq memutuskan mengunjungi Jatinangor pada libur Natal dan akhir tahun lalu. Ia mengunjungi laman https://www.tiket.com/hotel untuk menemukan tempat menginap di kota kenangannya itu.
Jika kamu kuliah di Jatinangor, kamu tidak perlu pulang kampung tiap libur akhir semester. Sebab, banyak spot wisata yang menarik kamu kunjungi di Sumedang. Berikut 4 destinasi rekomendasi kumparan:
 
1. Wisata Sejarah Taman Loji
 
Taman Loji terletak di kawasan ITB Kampus Jatinangor, tepatnya bersebelahan dengan GOR ITB. Di taman tersebut menjulang Menara Loji yang merupakan warisan kolonial Hindia-Belanda.
Menara itu dulunya berfungsi untuk mengkoordinasi pekerja perkebunan karet yang ada di wilayah tersebut sejak 1844. Namun lonceng menara itu dicuri pada 1980. Sayangnya, kita tidak bisa naik ke atas menara.
 
2. Menyegarkan Pikiran di Waduk Jatigede
 
Mencapai Waduk Jatigede memang membutuhkan waktu agak lama dari Jatinangor, yakni 2,5 jam perjalanan. Namun pemandangan begitu tiba di sana dijamin menggoda.
Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah Waduk Jatiluhur, Purwakarta. Destinasi ini digadang-gadang akan menjadi objek wisata air internasional. Tak jauh dari waduk, kamu bisa mengunjungi Puncak Damar yang menyajikan pemandangan Jatigede dari view deck.
 
3. Bersantai di Wana Wisata Ciherang
 
Terletak di Desa Cijambu, Kabupaten Tanjungsari, destinasi ini menyajikan hutan pinus dan sungai yang jernih. Banyak yang bisa kamu lakukan di Wana Wisata Ciheran. Mulai dari outbond, bermain mini motocross, hingga mengambil foto di rumah pohon.
Bahkan wisatawan juga bisa wisata kuliner di Kampoeng Ciherang. Berbagai sajian khas Sunda tersedia di sana seperti nasi timbel dan nasi liwet.
 
4. Agrowisata di Bukit Nangorak
 
Bukit Nangorak terletak di Desa Margamekar, Kecamatang Sumedang Selatan. Kawasan ini telah berkembang menjadi agrowisata demi memanjakan traveler. Kamu bisa memetik strawberry langsung dari kebunnya, belajar memerah sapi, hingga memancing.
Bukit Nangorak menjulang pada ketinggian 765-1035 meter di atas permukaan laut. Bagi kamu yang ingin menginap, silahkan membawa tenda untuk berkemah.