Yang Harus Dilakukan Kalau Ada Jerawat di Hidung

by -39 views

Yang Harus Dilakukan Kalau Ada Jerawat di Hidung

Jatinangorku.com – Jerawat bisa muncul di mana saja, mulai di dahi, di pipi, di dagu, dan yang tak kalah menjengkelkan adalah di hidung.

Biasanya kalau muncul di hidung sembuhnya lama dan rasanya sakit. Sehingga selain mengganggu penampilan, juga sering bikin susah tidur dan sakit kepala.

Sama seperti jerawat di bagian lainnya, jerawat di hidung disebabkan penyumbatan pori serta sel kulit mati yang tak bisa ‘move on’. Alhasil, ia akan meradang dan membengkak di sana.

Menyembuhkannya juga memang tidak semudah di bagian lain, karena ia tumbuh mengakar dan seperti membuat rumah di sana. Untuk mengatasinya, Anda disarankan melakukan beberapa hal ini:

Jangan dipegang

Kebiasaan buruk wanita adalah memegang-megang jerawat di wajah dengan tangan. Padahal, tangan Anda adalah sumber bakteri yang sangat mudah membuat jerawat makin meradang. Semakin sering Anda memegang jerawat, semakin meningkat pula aktivitas bakteri di sana.

Sehingga apabila jerawat Anda pecah, ambil tissue basah dan seka atau kompres selama beberapa detik sampai luka tertutup.

Mencuci wajah

Cuci wajah selama 4-5 kali sehari untuk membantu mengurangi kadar minyak di wajah. Selain itu, Anda bisa membantu mengatasi debu dan kotoran agar tidak sampai menyumbat pori. Bila rasanya nyeri, maka setelah mencuci muka Anda bisa mengompres wajah dan khususnya bagian yang berjerawat dengan es batu.

Es batu akan membantu mengurangi peradangan jerawat.

Jangan dipencet

Kalau dipegang dengan tangan saja akan membuatnya lebih parah, apalagi dipencet. Memencet jerawat akan meninggalkan bekas luka yang akan terlihat dan susah hilangnya. Bila memang ia masih meradang dan merona kemerahan, maka biarkan saja terlebih dahulu. Biarkan sampai nanahnya keluar sendiri dan baru diobati.

Pakai scrub oatmeal

Anda butuh membersihkan kulit wajah hingga ke pori cukup intens. Agar lebih bersih, Anda bisa menggunakan ramuan masker oatmeal.

Oatmeal sendiri bermanfaat dijadikan scrub yang akan mengangkat sisa sel kulit mati dan debu kotoran di hidung. Lakukan setidaknya dua kali sehari dalam 2 minggu, maka jerawat di hidung akan sembuh.

Pakai tea tree oil

Tea tree oil membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sehingga di malam hari, Anda bisa memassage area berjerawat dengan menggunakan tea tree oil. Keesokan harinya biasanya ia akan kempes dan peradangannya berkurang.

Diuapi

Jangan takut pori-pori akan besar, karena dengan menguapi maka pori-pori akan terbuka sehingga membantu mengeluarkan minyak berlebih di wajah. Setelah 20-30 menit menguapi wajah Anda harus menutup kembali pori-pori dengan menggunakan air es atau es batu.

Harus telaten dan sabar untuk menyembuhkan kulit dari jerawat. Namun dengan perawatan yang rutin, niscaya jerawat akan cepat sembuh dan tidak lagi muncul di wajah.

Sumber : http://www.vemale.com