Zakat Fitrah Terkumpul Direncakan Rp 18 M

by -28 views

Zakat Fitrah Terkumpul Direncakan Rp 18 M

Jatinangorku.com – Badan Amil Zakat (BAZ) Sumedang merencanakan akan ada uang Rp18 milyar hasil dari pengumpulan zakat fitrah pada Idul Fitri tahun ini.

Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya Rp16 miliar. Tahun ini, zakat fitrah ditetapkan Rp21.750 perorang jika dinilai dengan uang atas beras sebanyak 2,5 kg.

“Jika di uangkan, zakat tahun ini ditetapkan Rp21.750 perorang. Maka direncanakan akan terkumpul zakat fitrah sebanyak Rp18 miliar,” kata Sekretrias BAZ Sumedang Dede Yusuf, Kamis (10/7/2014).

Untuk mengumpulkan zakat fitrah, BAZ telah menyebar 832 ribu kupon. Kupon zakat fitrah ini disebar melalui BAZ Kecamatan serta UPZ masing-masing dinas/instansi.

Kupon disebar bukan sebagai tanda membayar zakat melainkan laporan dan pemberitahuan bahwa zakat fitrah Idul Fitri tahun sebelumnya sudah terbayarkan kepada yang berhak.

Dari 832 ribu kupon, sebanyak 817 ribu kupon disebar untuk masyarakat melalui BAZ Kecamatan diteruskan ke desa-desa hingga akhirnya sampai masyarakat. Sebanyak 15 ribu kupon lagi disebar melalui dinas/instansi untuk penarikan zakat fitrah bagi kalangan PNS.

Penarikan zakat dibantu amilin baik di tingkat kecamatan maupun tingkat desa dan instansi pemerintah. Para amilin sudah dibekali juklak dan juknis pengisian tata cara pemberian laporan.

Sementara, zakat fitrah yang berasal dari masyarakat umum, pembagiannya akan habis disebarkan di tingkat kecamatan dengan proporsi pengelolaan 85% ditingkat desa dan 15% disetor BAZ Kecamatan.

Sementara itu, untuk zakat fitrah yang dibayar kalangan PNS di instansi pemerintah pembagiannya 50% dikelola di instansi tersebut dengan peruntukan bagi fakir miskin di lingkungan tersebut sebesar 30%, amilin 10% dan fisabililah 10%. Dan 50% lainnya disetorkan ke BAZ kabupaten.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/